7 Aplikasi Design Grafis yang Akan Merajai di Tahun 2024


Persaingan teknologi di dunia design grafis dari tahun ke tahun begitu menakjubkan dan sangat pesat, ini menjadi sebuah tantangan  atau mungkin  bisa menjadi beban untuk para kreator dan bagi mereka yang berpropesi sebagai Design Grafis, Namun demikian perkembangan teknologi design grafis yang begitu beragam, memberi pengalaman baru, bahkan diluar expetasi, sehingga bisa meningkatkan produktivitas, dan mempertajam kreativitas. 

Teknologi yang pesat dalam dunia design grafis ini terutama kemajuan di bidang software design, memberikan banyak pilihan untuk berkarya lebih berfariasi lagi.

Berikut ini 7 Aplikasi Design Grafis yang akan merajai di Tahun 2024

1. Adobe Creative Cloud (Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, dll.)


Siapa yang tidak kenal dengan Adobe Creative Cloud? ya kita biasa menyebutya dengan Adobe, Adobe Creative Cloud telah menjadi standar industri dalam dunia desain grafis dan terus menghadirkan pembaruan serta fitur-fitur baru. Kemungkinan besar, Adobe akan terus mempertahankan dominasinya dalam industri desain grafis.

2. Figma


Figma merupakan salah satu alat desain kolaboratif paling dicari di tahun ini, namun perlu di ketahui plikasi ini diluncurkan pada tahun 2016 Figma adalah platform desain berbasis cloud yang memungkinkan kolaborasi real-time antara desainer. Dengan fokus pada kolaborasi dan desain UI/UX yang responsif, Figma dapat tetap populer di tahun-tahun mendatang. 
Baca juga : Mengenal Lebih dekat dengan FIGMA

3. Sketch


Sketch adalah aplikasi desain eksklusif untuk pengguna Mac yang sangat populer di kalangan desainer UI/UX. Karena antarmuka yang bersih dan kemampuan desain antarmuka pengguna yang canggih, Sketch mungkin akan terus digunakan secara luas.

Sketch memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya populer di kalangan desainer UI/UX, diantaranya 

- Tampilan yang sederhana, menjadikannya lebih fokus untuk berkreasi
- Design vector yang tajam dan fleksibel
- Dilengkapi dengan kompenen dan simbol yang lengkap
- Dilengkapi dengan protofipe sederhana, untuk mengilustrasikan alur navigasi
- Plugin dan ekstensi
- Optimasi  untuk Mac
- Mendukung penggunaan Stylus
- Responsif, sehingga menghadirkan pengalaman pengguna yang optimal di berbagai perangkat

4. Procreate


Procreate adalah aplikasi desain grafis yang dirancang khusus untuk seniman digital, terutama di platform iPad. Dengan fitur-fitur melukis yang canggih, ini tetap menjadi pilihan utama untuk seniman ilustrasi digital.

5. Canva


Canva adalah platform desain grafis berbasis web yang ramah pengguna, cocok untuk pengguna yang tidak memiliki latar belakang desain formal. Kemudahan penggunaan dan berbagai template siap pakai membuatnya terus populer di kalangan pengguna yang membutuhkan desain cepat dan sederhana.

6. Affinity Designer


Affinity Designer adalah alternatif yang kompeten untuk Adobe Illustrator. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur desain vektor yang kuat dan kemampuan bekerja dengan dokumen raster, semuanya dalam paket aplikasi yang efisien. Dengan harga yang lebih terjangkau, Affinity Designer bisa menjadi pilihan bagi banyak desainer.

7. CorelDRAW Graphics Suite


CorelDRAW adalah aplikasi desain vektor yang telah ada sejak lama dan masih menjadi pilihan bagi banyak desainer. Dengan rangkaian fitur desain grafis yang lengkap, CorelDRAW Graphics Suite tetap relevan di industri desain grafis.

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter

Lebih baru Lebih lama